Tips

Tips Agar Dilirik Perusahaan

1 year ago

Dilihat 324 kali

MUHAMMAD SHOLIKIN

tips

Lengkapi data Profil dan Pasang foto yang bagus
 
Sesuaikan gaya foto dengan posisi yang Anda lamar. Boleh saja Anda memasang foto formal jika posisi dan bidang yang Anda lamar sesuai. Namun, apabila Anda melamar ke divisi kreatif, tak ada salahnya memasang foto dengan gaya yang lebih luwes dan tidak kaku. Perkecil resolusi foto agar lebih mudah proses pengiriman via email, jadi HRD tidak kesulitan mengunduhnya.
 
Riwayat pendidikan harus jelas
 
Dalam menulis riwayat pendidikan formal, pastikan harus sejelas mungkin. Susun dengan urutan yang muda dibaca. Contoh urutannya begini; nama sekolah atau universitas, lamanya menempuh pendidikan, jurusan/konsentrasi, lalu nilai Ujian Nasional (UN) atau Indeks Prestasi Kumulatif (IPK).
 
 
Cantumkan pengalaman kerja
 
Bukan rahasia lagi kalau perekrut melihat pengalaman kerja sebagai pertimbangan mereka sebelum memanggil calon kandidat ke tahap wawancara. Untuk para fresh graduate, jangan kosongkan kolom pengalaman kerja. Anda tetap bisa mencantumkan pengalaman magang atau pekerjaan lain, seperti menjadi freelancer. Asalkan masih ada hubungannya dengan pendidikan yang ditempuh ya.
 
Beri tahu skill yang dimiliki
 
Jangan malu untuk memberi tahu skill atau kemampuan yang Anda miliki di CV. Semakin banyak skill, tentu akan menjadi nilai plus di mata perekrut. Namun, ada baiknya cantumkan kemampuan atau skill yang relevan dengan pekerjaan incaranmu. Misalnya jika Anda melamar di posisi Graphic Designer, tuliskan skill Adobe Photoshop. Hindari memasukkan skill-skill yang semua orang bisa melakukannya, seperti Microsoft Word.
 
 
Referensi lain tentang diri Anda
 
Anda juga boleh menuliskan referensi lain tentang diri Anda. Meski tidak sekrusial riwayat pendidikan, pengalaman kerja, dan skill, ternyata beberapa perekrut juga memerhatikan poin-poin tersebut. Misalnya jika ada prestasi yang pernah Anda raih, masukkan saja. Bila perlu, cantumkan juga social media atau blog Anda.
 
Beruntungnya hidup di era digital, membuat CV pun kini sudah tidak seribet dulu. Mengutip dari Jobscan.co, ada beberapa website yang bisa membantu Anda dalam menyusun CV secara online. Mulai dari Zety, VisualCV, atau CV Maker. Begitulah kira-kira tips yang perlu diperhatikan ketika membuat CV. Dengan bermodalkan CV rapi dan menarik, bukan tidak mungkin Anda nantinya diterima oleh perusahaan impian. Selamat mencoba!
 
 
Nah, kalau Anda butuh alat transaksi pembayaran yang praktis untuk berbagai keperluan termasuk berburu sesuatu yang dapat menunjang pekerjaan, gunakan kartu kredit terbaik! Cek pilihannya di CekAja.com!